Cegah Stunting, Pekon Tegalsari Laksanakan PMK Pada Balita

Reporter Redaksi 730 Views

PRINGSEWU, MediaRCM.com – Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Lampung, menyerahkan logistik Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Balita Stunting. Kegiatan dipimpin langsung Kepala Pekon Tegalsari Suharto di Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) Pekon setempat , Jumat (17/05/2024).

Kepala Pekon Tegalsari Suharto menyampaikan bahwa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini akan dilakukan selama 4 Bulan dan rutin di berikan kepada KPM setiap 10 hari sekali.

“Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal merupakan salah satu strategi penanganan masalah gizi pada Balita dan upaya pencegahan Stunting,” ujarnya.

– Advertisement –

Bidan desa setempat dalam kegiatan ini Seva Oviowati menyampaikan tujuan PMK ini mencegah gagal tumbuh pada anak.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk mencegah gagal tumbuh pada anak setidaknya seorang Ibu diharuskan memperhatikan pola makan pada anak seperti mengkonsumsi karbohidrat, lemak, dan Protein lebih banyak, “ujar Bidan Desa Seva Oviowati.

- Advertisement -

Lebih lanjut dirinya mengatakan kegiatan PMT ini tidak hanya memberikan makanan tambahan saja tetapi disertai dengan edukasi, penyuluhan, konseling gizi dan kesehatan agar dapat mempercepat proses perubahan perilaku ibu dan keluarga dalam pemberian makan yang tepat sesuai dengan umur, penyiapan makanan, pemilihan bahan makanan keamanan pangan.

Sasaran dari PMT berbahan pangan lokal ini adalah Balita Gizi Kurang, Balita Berat badan Kurang dan Balita dengan Berat Badan Tidak Naik, hal ini bertujuan agar Berat badan Balita kembali naik secara adekuat mengikuti kurva pertumbuhan, Berat Badan Kembali Normal dan menjadi Gizi Baik sehingga Kondisi Stunting pada Balita dapat dicegah.(Alfuhan)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *