Press Tour Diskominfo Kabupaten Tegal Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Jurnalis

Reporter Media RCM JATENG 178 Views

JAKARTA,MediaRCM.Com-Guna menggali informasi dan meningkatkan kualitas jurnalis Diskominfo Kabupaten Tegal mengadakan press tour dengan diikuti puluhan jurnalis tegal mengunjungi kementrian Kominfo RI di jalan Medan merdeka barat,Gambir Jakarta pusat Kamis 11 Juli 2024

Sebelumnya puluhan wartawan diberikan arahan terkait kode etik jurnalis oleh wakil ketua dewan pers indonesia Dr,Agung Darmajaya dihotel Ibis harmoni pada Rabu malam 10 Juli 2024

Lanjut pada Kamis pagi rombongan press tour Diskominfo Kabupaten Tegal tiba di kementrian Kominfo RI disambut dan diterima oleh sekertaris Ditjen IKP kemetrian Kominfo RI,Mediodecci lustarini diruang rapat kementrian Kominfo RI.

– Advertisement –

Dalam sambutannya Mediodecci Lustarini mengapresiasi inisiatif Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal dalam meningkatkan kompetensi jurnalis di wilayah tersebut.

“Kami memberikan tanggapan positif terhadap upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal dalam mengembangkan kompetensi jurnalis dengan mengadakan press tour ke Kemenkominfo RI,” ujarnya.

- Advertisement -

Ia menekankan pentingnya kerja sama antara jurnalis daerah dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat, serta mengurangi diseminasi informasi yang tidak akurat.

“Kolaborasi aktif dari Pemerintah Daerah sangat bermanfaat, karena jurnalis di daerah perlu mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan mereka,” tambah Mediodecci Lustarini.

Sekretaris Ditjen IKP Kominfo juga menegaskan peran Diskominfo sebagai mitra Ditjen IKP dalam menyebarkan informasi dari pusat ke daerah, serta sebaliknya.

“Pemerintah Daerah adalah mitra penting bagi Ditjen IKP. Ke depannya, kami memiliki banyak program untuk mendukung Pemerintah Daerah, termasuk Diskominfo, di seluruh Indonesia,” tegas Mediodecci Lustarini.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal, Nur Hayati menyampaikan tujuan diadakan press tour selain untuk meningkatkan kualitas dalam publikasi informasi, juga untuk memberikan pengetahuan bagaimana para jurnalis bisa mendesiminasikan informasi dengan baik sehingga masyarakat dapat mendapatkan informasi yang layak.

“Press tour Diskominfo Kabupaten Tegal diikuti 60 jurnalis baik dari media cetak, online, televisi dan radio,” ujarnya.

Nurhayati berharap dengan kunjungannya ke Kementerian Kominfo RI, para jurnalis Tegal mampu menggali ilmu serta pengetahuan terkait pelayanan informasi. Hal itu sebagai upaya jika nanti terdapat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Menurutnya UKW itu sangat penting dimiliki para jurnalis sebagai peningkatan kualitas dan professionalisme sebagai wartawan,” ungkapnya.

Ketua IWO Tegal, Hartadi Setiawan sangat mendukung penyelenggaraan press tour Diskominfo Kabupaten Tegal.

“Ini sangat bagus sekali untuk peningkatan wawasan, sehingga kami bisa memperoleh informasi-informasi yang mungkin kita di daerah sendiri minim informasi atau pengetahuan terkait ilmu publikasi dan hal lainnya,” ujarnya.

Hartadi berharap kegiatan press tour ini bisa dilaksanakan setiap satu tahun,” harapnya.

Selain mengunjungi Kementerian Kominfo RI, para jurnalis juga diajak ke Kantor Berita Antara serta ke tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Herman

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *