Pendampingan Adat Ngaben dan Pembuangan Abu di Desa Stowe Brang, Kecamatan Utan

Reporter Media RCM NTB 340 Views

MEDIA RCM Sumbawa Besar NTB, Anggota Koramil 1607-09/Utan Rhee,Sertu Salim Rudin, seorang Babinsa yang bertugas di Desa Stowe Brang, Kecamatan Utan, melakukan pendampingan dalam Upacara Adat Ngaben atas nama almarhum Wayan Cedok di Dusun Tenong Desa Stowe Brang, Kabupaten Sumbawa Besar. Kegiatan ini merupakan bagian penting dari tradisi dan budaya masyarakat setempat.Sabtu,(11/05/2024)

IMG 20240511 WA0047

Dalam upacara yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kadus, RT, dan warga masyarakat Dusun Tenong sebanyak 100 orang, Babinsa Sertu Salim Rudin, turut serta dalam menjaga kelancaran dan kesuksesan acara adat tersebut.

– Advertisement –

IMG 20240511 WA0051

Setelah berlangsung dengan khidmat, acara Ngaben pun selesai, dan dilanjutkan dengan Upacara Adat Pembuangan Abu ke Laut. Pembuangan abu merupakan tahapan penting dalam upacara Ngaben, di mana abu jenazah yang telah dimurnikan secara simbolis diantar ke laut sebagai bentuk pembebasan roh almarhum.

- Advertisement -

IMG 20240511 WA0050

Dengan kehadiran Babinsa dalam kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat setempat dalam menjaga dan melestarikan tradisi adat serta mempererat hubungan antara TNI AD dan masyarakat.(Mul)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *