Dadang Minta Non ASN Dilengkapi Sertifikat Keahlian

Reporter Media RCM JATENG 174 Views

KOTA TEGAL,MediaRCM.Com- Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri meminta kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempersiapkan pegawai Non ASN atau Supporting Staf (SS) atau honorer yang sudah terdaftar di database Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar dilengkapi dengan keahlian sesuai pekerjaannya saat ini.

Sehingga diharapkan honorer mampu bersaing dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Sehingga mereka betul-betul bisa bersaing walapun sudah terdata di dalam database, tesnya ini kan terbuka juga untuk umum,” kata Dadang Somantri usai melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Empat OPD yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, Kecamatan Tegal Selatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal, Rabu (26/6/2024) siang.

– Advertisement –

Dalam kesempatan tersebut Dadang mengungkapkan, sudah menjadi tanggung jawab para pimpinan OPD melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian masing-masing OPD untuk mempersiapkan dengan benar-benar pegawai Non ASN agar memiliki keahlian yang sesuai dengan formasi.

“Sehingga pelatihannya juga harus disesuaikan dengan formasi yang ada dan disesuaikan dengan basic pendidikannya,” ungkap Dadang.

- Advertisement -

Dadang mencontohkan ketika Ia mengunjugi BPBD, pegawai Non ASN-nya sudah dilengkapi dengan pelatihan-pelatihan keprofesionalan dalam bidang kebencanaan dan memiliki sertifikat pelatihan yang diterbitkan oleh lembaga yang profesional.

Sehingga sertifikat tersebut menjadi bagian dari kelengkapan nanti pada saat mendaftar PPPK.

“Sertifikat itu yang diperlukan, kita pemerintah ini dengan perubahan-perubahan ketentuan sekarang ini memerlukan SDM yang betul-betul memiliki kualifikasi. Nah kualifikasi itu tidak hanya sekedar ditunjukan oleh basic pendidikan formal tapi dilampiri juga dengan sertifikat keahlian,” ujar Dadang Somantri.

Selain itu, terkait kedisiplinan Dadang menyampaikan terima kasih kepada para ASN yang sudah disiplin dan memenuhi standar pekerjaan khususnya pada jam-jam kerja.

“Memang ada di kantor semua tidak ada yang berkeliaran, ini menunjukan salah satu dedikasi, integritas untuk melayani masyarakat toh sewaktu-waktu masyarakat bisa datang, mereka ada ditempat,” ujar Dadang Somantri.

( Susilo / hum )

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *