Kegiatan Babinsa di Desa Lawin: Survei Lokasi dan Titik Pemasangan Pipanisasi untuk Lahan Sawah Tadah Hujan

Reporter Media RCM NTB 36 Views

MediaRcm NTB – Sumbawa – Ropang, Anggota Koramil 1607-03/Ropang, Serda Mirzak, Babinsa Desa Lawin, Kecamatan Ropang, melakukan survei lokasi dan titik pemasangan pipanisasi untuk lahan sawah tadah hujan milik Kelompok Tani Orong Sebulu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di desa tersebut.

Survei ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan TNI dalam mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Dalam kegiatan ini, Babinsa Desa Lawin bekerja sama dengan pihak terkait untuk menentukan titik-titik strategis pemasangan pipa yang akan mengalirkan air ke lahan sawah tadah hujan.

“Survei ini sangat penting untuk memastikan bahwa pipa yang akan dipasang benar-benar dapat mengalirkan air dengan optimal ke lahan sawah, sehingga para petani bisa mengolah sawah mereka dengan baik meskipun musim kemarau,” ujar Babinsa Desa Lawin.

– Advertisement –

Kelompok Tani Orong Sebulu menyambut baik kegiatan ini dan berharap dengan adanya pipanisasi, produksi padi mereka dapat meningkat. Salah satu anggota kelompok tani mengungkapkan, “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari Babinsa serta pihak terkait. Dengan adanya pipanisasi ini, kami yakin hasil panen kami akan lebih baik.”

Kegiatan survei ini juga melibatkan tokoh masyarakat dan para petani setempat, yang turut memberikan masukan mengenai kondisi lapangan dan kebutuhan air di lahan sawah mereka.

- Advertisement -

Diharapkan, dengan selesainya pemasangan pipanisasi ini, Kelompok Tani Orong Sebulu dapat memanfaatkan air dengan lebih efisien dan mengatasi masalah kekurangan air selama musim kemarau. Ini adalah langkah nyata dalam mendukung ketahanan pangan lokal dan meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Lawin, Kecamatan Ropang.

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *