Sertu Musa Babinsa Desa Juranalas Ajak Petani Jaga Ketertiban Pengelolaan Air di Musim Tanam Ketiga.

Reporter Media RCM NTB 28 Views

Desa Juranalas, MEDIA RCM Sumbawa Besar NTB, Sertu Musa, Babinsa Desa Juranalas, dari Koramil 1607-04/alas,melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah binaannya. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan penting kepada para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Pugatanyung agar selalu menjaga ketertiban, terutama dalam pengelolaan air di area persawahan. Senin (08/07/2024)

IMG 20240708 WA0146

Dalam kesempatan tersebut, Sertu Musa menekankan pentingnya pengelolaan air yang baik, baik di dalam maupun di luar area persawahan. Mengingat saat ini telah memasuki musim tanam ketiga, air yang tersedia di hulu harus disuplai dengan baik ke masing-masing persawahan oleh Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A). Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesulitan dalam pemanfaatan air oleh para petani, mengingat air merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dalam proses pengolahan lahan, penaburan benih, hingga penanaman padi maupun palawija.

– Advertisement –

Sertu Musa juga mengingatkan bahwa pengelolaan air yang baik akan berpengaruh pada hasil panen yang maksimal. Dengan demikian, program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah, dapat terlaksana dengan baik. “Dengan hasil panen yang melimpah, petani akan sejahtera dan dapat mencukupi kebutuhan keluarganya,” ujar Sertu Musa.

 

- Advertisement -

Babinsa Desa Juranalas ini juga menekankan pentingnya koordinasi antara petani dan aparat teritorial yang ditempatkan di desa. Setiap permasalahan yang ada, baik di tingkat kelompok tani maupun perorangan, diharapkan selalu dikomunikasikan dengan baik. “Kami berharap para petani selalu intens berkoordinasi dengan kami dalam setiap permasalahan yang ada, baik mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) maupun masalah lainnya yang ada di lingkungan tempat kita tinggal,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan Komsos ini, diharapkan para petani di Desa Juranalas dapat lebih menjaga ketertiban dan mengoptimalkan pengelolaan air sehingga swasembada pangan dapat tercapai dengan maksimal.

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *