Pekon Sidodadi Pagelaran Salurkan Bantuan Beras CBP Tahap lV

Reporter Redaksi 833 Views

PRINGSEWU, MediaRCM.com – Pendistribusian beras bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap IV Tahun 2024 di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu telah dilakukan, Jumat (10/5/24).

Penyaluran dilaksanakan di balai Pekon setempat, dengan jumlah 2220 kg beras dan dibagikan kepada 222 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan masing-masing KPM menerima 10 kg.

Hariyatno kepala Pekon Sidodadi, didampingi Eka Rianto pekerja sosial masyarakat menuturkan, Bantuan Pangan Beras adalah program pemerintah berupa penyaluran beras yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog.

– Advertisement –

Program ini merupakan salah satu pemanfaatan CBP sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah.

Basis data penerima bantuan pangan beras yang digunakan di 2024 adalah dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang dikelola oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

- Advertisement -

Sebagai operator pelaksana program ini adalah Perum Bulog melalui penugasan dari Badan Pangan Nasional. Dalam pendistribusian ke seluruh wilayah Indonesia, Bulog bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (POS), PT Jasa Prima Logistik (JPL) yang juga merupakan anak perusahaan Bulog, dan PT Yasa Artha Trimanunggal (YAT).

Dijelaskan olehnya, bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) merupakan upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat kurang mampu, dan merupakan intervensi dari strategi penanganan Kemiskinan Ekstrem untuk pengurangan beban pengeluaran. Badan Pangan Nasional (BAPANAS) melalui Perum Bulog menyalurkan bantuan berupa 10 kilogram beras untuk setiap penerima manfaat yang dimulai dari Januari.

“Terimakasih kepada Badan Pangan Nasional (BPN) atas penyaluran beras CBP karena dengan bantuan pangan ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu di pekon kami dalam memenuhi kebutuhan pangan, ” tutup Hariyatno. (Alfuhan)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *