Bupati Blitar Hadiri Peringatan Hari Raya Waisak 2568 BE/2024 Membawa Berkah Dan Kebahagiaan

Reporter Media RCM Blitar 50 Views

Blitar.MediaRCM.com – Umat Budha Kabupaten Blitar merayakan Hari Raya Waisak atau Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gautama yakni kelahiran Siddharta Gautama, pencapaian pencerahan agung, dan parinibbana, atau wafatnya Buddha Gautama.

” Tiga peristiwa penting itu terjadi pada saat bulan Waisak sehingga tujuan Waisak adalah mengenang kembali guru Agung junjungan bagi umat Budha tentang ajaran kebenaran, pembebasan akhir atau kebahagiaan tertinggi “seperti yang disampaikan salah satu Biku”.

Bupati Blitar Yang hadir dalam acara ini menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Budha di kabupaten Blitar yang diselenggarakan di wihara BUDHA METTA LOKA Selorejo, kamis, (23/5/2024). Sesuai tema peringatan waisak tahun 2024 ini adalah Keharmonisan merupakan Pedoman hidup dan berbangsa, artinya keharmonisan adalah bagian penting yang harus dilakukan baik itu didalam keluarga sesama umat, antar umat, dengan masyarakat maupun bangsa dan negara dalam rangka menciptakan kedamaian.

– Advertisement –

Pemerintah Kabupaten Blitar (Pemkab) Blitar, lanjut mak Rini berkomitmen untuk terus mendukung dan melindungi hak hak umat Budha dalam menjalankan ibadah dan kehidupan beragama.

Pihaknya berharap agar vihara dan tempat tempat ibadah Budha lainnya di kabupaten Blitar dapat dikelola dengan baik dan menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial umat Budha.

- Advertisement -

“Perayaan waisak tahun ini mendatangkan energi besar bagi seluruh umat Budha untuk bisa beribadah bersama, sehingga momentum ini bisa digunakan sebagai media meningkatkan silahturahmi dan memperkokoh komitmen untuk menjalankan ajaran agama Budha, salah satunya adalah nilai kebenaran mulia yang ditujukan untuk semua orang tanpa membedakan ras, suku agama, dan budaya nya, kita hidup dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Pluralisme “tandasnya..

Diakhir sambutannya Bupati Blitar berharap, semangat kebersamaan dan toleransi dapat terus dijaga dan ditingkatkan dimasa yang akan datang, Apalagi mendekati momen Pilkada 2024 ini saya berharap masyarakat kabupaten Blitar tetap menjaga persatuan dan kesatuan meski berbeda pilihan, ”( Bas)

 

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *