Tuntutan DOB Kabupaten Cukuh Bandakh Lima, Terus Menyeruak

Reporter Redaksi 707 Views

Tanggamus, MediaRCM.com – Tuntutan masyarakat untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) rencana Kabupaten baru Cukuh Bandakh Lima terus menyeruak, ini adalah satu reaksi dari ketidak mampuan daerah induk kabupaten Tanggamus untuk mendorong dan membawa pembangunan berkelanjutan, melalui sejumlah instrumen baik ekonomi, infrastruktur dan sosial budaya selama ini.

Pembentukan kabupaten baru ini melalui Presidium Cukuh Bandakh Lima ini dianggap akan memberikan angin segar bagi masyarakat diwilayah terisolir dikabupaten ini, terutama wilayah cakupan Cukuh Bandakh Lima yakni : kecamatan Bulok, Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat. Untuk menentukan arah pembangunan sendiri dengan karakter system Sosial ekonomi lokal yg sesuai dg territory wilayah Bandakh Lima, oleh karena itu wacana pemekaran DOB kabupaten Cukuh Bandakh Lima ini menarik untuk dibicarakan.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Selasa, 18 Juni 2024, presidium DOB ini, atas desakan masyarakat telah melakukan Musyawarah Besar (MUBES) Dikantor sekretariatnya Jl. Pramuka Gg. Masjid Kemiling Bandar Lampung, yang dipimpin langsung oleh Ketum Siruwaya Utamawan, didampingi oleh Rusli Shoheh selaku ketua harian dan Wahyan sebagai sekretaris umum.

– Advertisement –

Adapun beberapa kesimpulan dari hasil Mubes tersebut, yakni :
1.Menyetujui ibu kota kabupaten adalah Makhga putih.
2.Mengukuhkan fasilitator menjadi struktur organisasi presidium.
3.Sekaligus diberikan mandat untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam percepatan terbentuknya kabupaten Cukuh Bandakh Lima.
4.Untuk teknis diserahkan kpd ketua harian H.Rusli Shoheh dan sekretaris umum.
5.Untuk semua jajaran segera melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat.

Ketua umum presidium DOB Siruwaya Utamawan, membenarkan hal tsb, ” Bahwa Mubes ini merupakan langkah penting dlm proses percepatan pemekaran rencana kabupaten Cukuh Bandakh lima, untuk dibawa sbg bahan kordinasi dg kementrian Dalam Negeri, sehingga pemerintah pusat dapat membantu percepatan DOB ini,” katanya.

- Advertisement -

Begitu juga harapan ketua harian presidium Rusli Shoheh, dengan mubes ini kita akan ambil langkah-langkah strategis untuk menyusun berbagai rencana dan program guna memastikan percepatan, agar dpt membawa manfaat nyata bagi masyarakat diwilayah cakupan Cukuh Bandakh lima dan sekitarnya” tambahnya
(Khuproni)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *