Pemdes Wonotirto Blitar Bangun Pagar Punden Kuwung Sebagai Wujud Pelestarian Warisan Budaya

Reporter Media RCM Blitar 33 Views
Exif_JPEG_420

Blitar.MediaRCM.com – Pemdes Wonotirto membangun pagar punden Kuwung sebagai wujud pelestarian warisan Budaya peninggalan nenek moyang kita seperti yang disampaikan Iman Mucharom Kepala Desa Wonotirto ketika ditemui Awak media di ruang kerjanya.Kamis (2/5/2023)

Imam menyampaikan sebagai wujud syukur serta nguri nguri warisan budaya yang ditinggal kan oleh nenek moyang kita.
Pembangunan pagar Punden kuwung ini kami anggarkan dari Dana Desa (DD) tahun 2023 mas .” Ucap Kades Wonotirto.Imam Mucharom.

” Kiita wajib bersyukur dengan adanya warisan budaya seperti punden Kuwung ini, yang merupakan peninggalan dari nenek moyang kita, kalau tidak kita rumat dan lestarikan pasti nanti akan punah, makanya kita anggarkan dari Dana Desa, saya mengajak masyarakat untuk bersama sama membangun serta merawat punden ini terutama pagar yang memang harus di bangun.suatu keharusan untuk diperbaiki.

– Advertisement –

Imam menilai seluruh masyarakat Desa Wonotirto, terutama yang bermukim di Dusun Rt 01 rw 05 dusun wungukerep, sangat antusias dengan pembangunan Punden kuwung tersebut, bahkan mereka siap bekerja sampai tuntas demi nguri – nguri cagar budaya peninggalan nenek moyang kita.

“Saya sangat mengapresiasi semangat lingkungan dusun wungukerep terutama dalam hal membangun pagar pepunden kuwung ini,” imbuhnya.

- Advertisement -

Punden tersebut sudah lama tidak tersentuh pembangunan bahkan puluhan tahun, sehingga sudah saatnya dilakukan perbaikan dengan cara membuat pagar keliling, lagi pula tempat punden ini letaknya tidak jauh dari Kantor Kecamatan Wonotirto.

Selain itu, pihaknya selama ini terus mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan gotong royong perbaikan sejumlah fasilitas umum seperti, pembersihan pepunden, jalan,TPU dan lainnya. “Budaya gotong royong itu harus tetap dilestarikan, selama ini saya terus menggelorakan semangat kebersamaan dan gotong royong pada seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Wonotirto Kecamatan Wawo Kabupaten Bima,” pungkasnya.

 

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *