Pekon Margakaya Realisasikan DD 2024 Untuk Pembangunan Fisik

Reporter Redaksi 779 Views

PRINGSEWU, MediaRCM.com – Aparatur Pekon Margakaya Kabupaten Pringsewu realisasikan Dana Desa (DD) Tahap 1 Tahun 2024 untuk program pembangunan fisik penimbunan jalan dusun, rabat Beton, dan pembangunan Drainase.

Dika Dwiaji, selaku Pj. Pekon Margakaya mengungkapkan, penggunaan Dana Desa Tahap 1 ini untuk kegiatan fisik hasil Musrenbang pekon. Yaitu penimbunan jalan dusun, rabat beton, dan pembangunan drainase di lokasi wilayah pemerintahan Pekon Margakaya.

“Kegiatan penimbunan jalan dusun sudah berjalan di lokasi yang sudah ditentukan, diantaranya dusun 2 Danau dan dusun 3 Karang Kembang. Sedangkan untuk pembangunan rabat beton dan drainase masih dalam proses, Insya Allah dikerjakan di bulan ini juga,” jelasnya, Rabu (15/5/2024).

– Advertisement –

Dika menambahkan, perencanaan kegiatan fisik ini sudah melalui proses panjang dan sesuai dengan harapan masyarakat. Di awali dari Musyawarah Dusun (Musdus), berlanjut ke Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pekon dan menghasilkan program kegiatan tersebut.

“Program pekon harus mengedepankan kebutuhan masyarakat, sehingga pembangunan akan tepat sasaran sesuai dengan yang dikehendaki. Maka dengan adanya Musdus dan Musrenbang Pekon, akan bisa mengakomodir apa yang dikehendaki oleh masyarakat,” terangnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Budi Utomo Kasi Pemerintahan Pekon Margakaya menambahkan, bahwa program penimbunan jalan dusun ini dalam pelaksanaannya dibantu oleh masyarakat sekitar lokasi. Pemberdayaan masyarakat juga menjadi prioritas pembangunan di Pekon Margakaya.

“Penimbunan jalan di Dusun Danau sepanjang 141 M lebar 3 M selesai dikerjakan selama 11 hari dengan nilai Rp16.500.000. Sedangkan di Dusun Karang Kembang sepanjang 50 M lebar 3 M dikerjakan selama 5 hari dengan nilai Rp5.800.000, dengan pelaksanaan pekerjaannya melibatkan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala Dusun (Kadus) Danau M. Baharudin menerangkan, penimbunan jalan ini masuk ke lingkungan Dusun 2, RT 1 dan tembus menuju RT 06 RW 01. Awalnya jalan ini adalah jalan kapling milik pengembang, dan sekarang sudah dihibahkan ke pemerintah Pekon,” jelasnya.

Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada aparatur pekon yang sudah merealisasikan program penimbunan jalan di wilayah dusun kami ini, sesuai dengan harapan masyarakat, tutupnya. (Alfuhan)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *