KPK RI Ajak Komunitas dan LSM di Brebes Untuk Perangi Korupsi

Reporter Media RCM JATENG 165 Views

BREBES,MediaRCM.Com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menggelar temu komunitas antikorupsi di Pendopo Brebes, Sabtu (29/6/2024). Acara dikemas dalam agenda Talkshow Penguatan Komunitas dalam rangkaian Roadshow Bus KPK di Kabupaten Brebes.

Pj. Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar yang diwakili Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Brebes M Reza Prisman mengatakan, komunitas yang ada dalam naungannya cukup banyak, sehingga bisa dikumpulkan untuk bincang bersama dalam talkshow antikorupsi tersebut.

“Ada sekitar 300 komunitas baik LSM maupun ormas, ini menjadi kegiatan yang cukup baik dalam rangka penyampaian sosialisasi antikorupsi,” jelas Reza.

– Advertisement –

Adapun talkshow dibawakan oleh moderator, Wakro dengan pembicara Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK Amir Arief dan dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jawa Tengah Yoga.

Dalam paparannya, Amir Arief mengatakan bahwa sumber kejahatan korupsi diibaratkan dengan kasus demam berdarah. Bahwa pencegahan tidak hanya dengan fooging saja, namun kebersihan lingkungan juga diperlukan. Perlu adanya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari masing-masing individu dan lingkungan.

- Advertisement -

“Maksudnya adalah, bagaimana memberantas sumber kejahatan korupsi. Bukan hanya sekedar menangkap yang korupsi saja,” ungkap Amir.

Untuk itu dibutuhkan sistem yang baik dengan cara mengubah semua budaya yang menjurus korupsi dengan cara edukasi untuk kembali mengingat nilai kebenaran dan itulah yang saat ini dilakukan tim Roadshow Bus KPK di Brebes.

“Jadi pendidikan ini juga merupakan sebuah upaya pencegahan sekaligus pemberantasan, ini yang kita lakukan di Brebes,” terang Amir.

Diskusi berlangsung seru yang diwarnai antusias dari komunitas yang hadir. Mereka bertubi-tubi melemparkan pertanyaan kepada pihak KPK.

Acara dipungkasi dengan pembacaan dan penandatangan Deklarasi dan Komitmen Antikorupsi Komunitas Masyarakat Brebes.

Herman

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *