Semarak UMKM, HMP Banten gelar kopdar pengurus dan Penyerahan SK Pengurus Tangerang Selatan

Reporter Syamsul Bahri 100 Views

 

Tangerang Selatan,mediarcm.com-

Organisasi UMKM Himpunan Mitra Pengusaha (HMP) Provinsi Banten mengadakan acara silahturrahiim dan syukuran atas resminya kepengurusan DPW Banten.

– Advertisement –

Pada acara ini Muhammad Nas, Ketua HMP Provinsi Banten, sekaligus melakukan penyerahan SK pada Davit Anas Malik, Ketua HMP DPD Kota Tangerang Selatan untuk kepengurusan HMP Tangerang Selatan tahun periode 2024 – 2029 di daerah Lengkong Gudang Timur (Leguti) Serpong Tangerang Selatan, Sabtu (01-06-24).

Selain pengurus DPW Provinsi Banten, tampak juga dihadiri pelaku UMKM dari Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

- Advertisement -

Pada acara tersebut yang bertindak selaku host adalah Bunda Arum. Acara berlangsung khidmad dan penuh suasana kekeluargaan dan meriah.

M.Nas, panggilan akrab dari Muhammad Nas sebagai Ketua HMP Provinsi Banten menyampaikan, “Alhamdulillaah acara silahturrahiim antar pengurus HMP Banten ini yang sudah mengantongi SK dari DPP menyatakan siap melaksanakan tugas dan bergerak bersama UMKM dari seluruh Kabupaten, Kota, Kecamatan dan Keluruhan se-Provinsi Banten. Dengan demikian kita akan melakukan pembangunan ekonomi UMKM se- Banten Raya. Dengan HMP ini, kita akan memajukan UMKM baik kecil, menengah maupun besar. Bersama kita se-Banten bergerak dalam bidang pertanian, pariwisata dan industri. UMKM nya kita kembangtumbuhkan sehingga memiliki dampak peningkatan bisnis dan ekonomi masyarakat se Banten..” ujarnya. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengembangkan sektor UMKM. “Selanjutnya kita akan mengambil langkah untuk bertemu dengan pihak Perhutani kemudian dengan birokrat wilayah dan selanjutnya kita akan mempersiapkan SDM handal dan perhatian Finance yang didapatkan dari kerjasama dengan pemerintah dan swasta. InsyaaAllah, Agustus nanti HMP akan adakan expo UMKM se-Banten, mohon doanya..”, tambahnya.

Acara penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Ketua HMP Banten kepada Ketua HMP Tangerang Selatan, Ust.Davit Anas Malik berjalan lancar. Hidangan makan siang menambah suasana kehangatan sesama pengurus tersebut. Menyinggung sektor pertanian, tampil sebagai pembicara, Presiden SmartFarm Ruyanto, SE menyampaikan tentang masih kurangnya minat SDM anak muda saat ini terhadap pertanian, “Orang tua yang memiliki profesi sebagai petani itu tidak mewariskan pada anaknya, bahkan berpesan jangan jadi petani seperti bapak. Maindset semacam itu lah yang dibangun oleh orang tua sendiri, sehingga si anak tidak tertarik pada profesi petani terkesan terbelakang. Padahal profesi itu bisa menghasilkan banyak hal seperti perdagangan, dan penghasilan. Ambil contoh, misalnya datang ke Indomaret, Alfamart ada kacang, kopi, teh, keripik singkong, itu kan semua hasil pertanian. Kita harus pahami kalau pertanian itu dari hulu sampai hilir. Pertanian itu tidak hanya di sawah, tapi pertanian itu adalah sebuah rangkaian dari penanaman budidaya sampai pemasaran. Jadi dibutuhkan adanya kolaborasi antara masyarakat dengan pemerintah yang mana ada jiwa nasionalisme..” tandas nya. Banyaknya lahan tidur menciptakan suasana yang tidak produktif. Adanya impor beras, gula, dan lainnya adalah wujud masih alergi nya kaum muda pada sektor pertanian. “Indonesia adalah negara agraris. Maka harus dikembangkan industrilisasi pertanian nya. Pola pikir masyarakat harus diubah dan dibangun dari atas sampai ke bawah kalau pertanian itu adalah sebuah bagian yang terpenting dan pertanian itu adalah suatu ibadah yang sangat mulia bahkan bisa jadi amal jariyah..” tutup nya.

Kegiatan ini diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh ust. Dafid dan ramah tamah..

(S.Bahri/rls)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *