PKK Pekon Sumber Rejo Gelar Pemberdayaan Administrasi

Reporter Redaksi 612 Views

PRINGSEWU, MediaRCM.com – Dengan memanfaatkan anggaran dana Desa (DD) tahun 2024, Pekon Sumber Rejo, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu mengadakan kegiatan pemberdayaan tentang administrasi kader PKK. Kegiatan ini bertujuan untuk Menambah Pengetahuan tentang Administrasi PKK, yang dihadiri oleh Ketua PKK dan Kader PKK dan kepala Pekon setempat, berlangsung di kantor pekon, Jumat (17/5/24).

” Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih mengerti hal-hal yang menjadi tanggungjawab kader PKK dalam pengadministrasian kegiatan PKK dan kegiatan lainya, “ujar Firli Kepala Pekon Sumber Rejo.

Kegiatan ini dapat terlaksana atas usaha Pemerintah Pekon untuk mengajak kader PKK dalam hal administrasi.

– Advertisement –

Firli menjelaskan, untuk melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya, PKK memiliki tugas, di antaranya; melakukan pendataan potensi terhadap masing-masing keluarga dan masyarakat, menggerakkan peran masyarakat, serta mengendalikan 10 program pokoknya agar berjalan dengan baik. Sebagaimana Permendagri Nomor 36 Tahun 2020, gerakan PKK menjalankan 10 program pokok, yaitu :

Program penghayatan dan pengamalan Pancasila dilakukan untuk membentuk penghayatan dan pengamalan Pancasila dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara.

- Advertisement -

Program gotong royong dilakukan dengan membangun kerjasama antarkeluarga, warga, dan kelompok masyarakat untuk mewujudkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Program pangan dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang dimiliki sesuai kearifan lokal.

Program sandang dilakukan untuk meningkatkan penggunaan dan pemanfaatan sandang produksi dalam negeri sesuai moral budaya bangsa Indonesia.

Program perumahan dan tata laksana rumah tangga dimaksudkan untuk mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah.

Program pendidikan dan keterampilan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan pendidikan dan keterampilan agar dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Program kesehatan dari PKK dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran dalam peningkatan derajat kesehatan keluarga serta lingkungan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Program pengembangan kehidupan berkoperasi ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga melalui pengembangan ekonomi.

Program kelestarian lingkungan hidup dilakukan sebagai peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kawasan pemukiman yang sehat.

Program perencanaan sehat dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran dalam keterlibatan perencanaan kehidupan menuju keluarga berkualitas.

” Dengan diadakannya pelatihan dengan fasilitasi Pekon ini, akan bermanfaat bagi para kader PKK dan Masyarakat, ” tutupnya.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Hj. Siti muawanah spd ketua pokja 1 PKK kecamatan Pagelaran,
Dra. Suciati – pokja 2 Suwarti, S.Pd, Bidan Langgeng Sri Asih. (Alfuhan)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *