Pemkot Blitar Peringati Hari Lahir Pancasila Gelar Kirab Bendhol Pusaka dan Pawai Lentera

Reporter Media RCM Blitar 53 Views

Blitar.MediaRCM.co — Rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Kota Blitar, diawali Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera dari Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar.

Tampak hadir pada acara ini Wali Kota Blitar Santoso, Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo PS, Kajari Blitar Agus Kurniawan, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Hendra Sukmana, Ketua PN Blitar, perwakilan DPRD Kota Blitar dan Danyon 511 Blitar. Juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP yang juga mantan Wali Kota Blitar, Djarot Syaiful Hidayat.

Dalam sambutannya sebelum memberangkat Bedhol Pusaka, Wali Kota Santoso menyampaikan kalau setiap tahun dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Kota Blitar, rutin digelar rangkaian kegiatan yang diawali dengan Bedhol Pusaka dari Istana Gebang.

– Advertisement –

“Karena Istana Gebang adalah rumah yang pernah ditempati oleh Bung Karno semasa remaja di Kota Blitar,” ujar Wali Kota Santoso, Jumat(31/5/2024).

Kirab Bedhol Pusaka merupakan kirab ubo rampe untuk Grebeg Pancasila, berupa lambang negara dan perlengkapan upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

- Advertisement -

Dari ndalem Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar, dengan dikawal oleh Bregodo (pasukan) Siji, Bregodo Enem dan Bregodo Patang Puluh Limo

Selanjutnya Wali Kota Santoso menjelaskan kalau ditetapkannya 1 Juni menjadi Hari Lahir Pancasila, merupakan atas perjuangan bertahun-tahun dari para tokoh masyarakat, tokoh agama,sejarahwan, budayawan, seniman dan sesepuh Kota Blitar.

“Setelah disetujui pemerintah dan untuk menghormati jasa-jasa beliau, Pemkot Blitar setiap tahun menggelar rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar,” ungkapnya.

Adapun rangkaian kegiatannya, setelah Kirab Bedhol Pusaka dari Istana Gebang ke Kantor Wali Kota Blitar.

“Disemayamkan semalam disana dan digelar Macapatan, kemudian besok pagi (1 Juni 2024) digelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Kota Blitar. Dilanjutkan Grebeg Pancasila dari Alun-alun menuju Makam Bung Karno, disertai Kirab Gunungan Limo,” jelas Wali Kota Santoso.

Sesampainya di Makam Bung Karno, dilakukan ziarah dan lanjutkan Kenduri Pancasila di kawasan Makam Bung Karno imbuhnya.

Selain Kirab Bedhol Pusaka, malam ini juga digelar Festival Lentera yang diikuti oleh 35 group. Terdiri dari OPD instansi pemerintah dan sekolah.

Para peserta kirab, yang berasal dari berbagai instansi seperti OPD, sekolah, perguruan tinggi, serta organisasi masyarakat, turut menyemarakkan acara dengan semangat yang menggelora. Mereka mengenakan atribut bertemakan Pancasila, menciptakan pemandangan yang penuh warna dan makna. Setiap peserta seolah menegaskan kembali pentingnya ideologi bangsa ini, membawa pesan-pesan moral yang mendalam melalui pakaian dan aksesoris yang mereka kenakan.

Di sepanjang rute kirab, ribuan warga Kota Blitar tumpah ruah, memadati setiap sudut jalan dengan antusiasme tinggi. Kota Blitar malam itu tampak terang benderang oleh sinar lentera yang dibawa dalam pawai. Sinar tersebut seolah melambangkan pancaran nilai-nilai Pancasila yang mempesona di bumi Bung Karno. Gemerlap lentera menyinari malam, menciptakan pemandangan yang begitu memukau dan mengharukan.

Penulis Basuki

 

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *