Panwascam Obi Timur Terus Awasi Coklit Pemutakhiran Data Pemilih

Reporter Redaksi 707 Views

Halsel, MediaRCM.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu Kecamatan Obi Timur Pengawasan Coklit terus mencermati proses pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan mulai 24 Juni-25 Juli 2024. Hal ini untuk mengurangi risiko adanya petugas yang asal dalam proses pencocokan data pemilih untuk pilkada 2024.

Lifret Ancak Anggota Panwaslu Kecamatan Obi Timur (Kordiv HP2H ) mengatakan, pemutakhiran data pemilih merupakan salah satu tahapan yang krusial dalam Pilkada. Karenanya, upaya pengawasan dan pencermatan terhadap tahapan ini harus dilakukan.

Salah satunya untuk memastikan setiap warga di kecamatan Obi Timur bisa menggunakan hak pilihnya didalam pemilihan Serentak Tahun 2024

– Advertisement –

“Untuk melakukan pencermatan data pemilih di Pemilu 2024. Saya kira ini harus dicermati dengan benar agar warga benar-benar bisa menggunakan hak suaranya di Pilkada,” kata Lifret A, Senin (24/6/2024).

Meski demikian, ungkap Lifret , untuk pengawasan dalam pemutakhiran data pemilih ia mengaku ada keterbatasan personel dikarenakan di setiap kelurahan Desa (PKD) hanya ada satu petugas. Hanya saja, ia memastikan hal tersebut bukan menjadi halangan karena sudah menyiapkan beberapa strategi dalam pengawasan.

- Advertisement -

Menurut Lifret , walaupun kami belum bimbingan teknis kepada Pengawas Kelurahan Desa (PKD) Se-Kecamatan Obi Timur maupun anggota Panwaslu Obi Timur di setiap Komponen Guna memaksimalkan pengawasan, setiap Pengawas Kalurahan Desa PKD diminta melakukan pengawasan melekat dengan mengikuti verifikasi data oleh petugas pantarlih minimal di lima rumah calon pemilih tiap harinya.

Lifret Mengatakan Selain itu, juga melakukan pengambilan sampel sebanyak sepuluh rumah tiap harinya. Hasil dari pengawasan melekat dan uji petik kemudian dilaporkan secara berjenjang ke Panwaslu Kecamatan ke Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan

“ pemutakhiran benar-benar berjalan sesuai dengan prosedur,” ungkapnya.

“Sesuai tugasnya harus benar-benar mendatangi rumah warga secara langsung. Jadi, ini yang harus dipastikan makanya ada pegujian sampel untuk mengecek apakah petugas bekerja dengan benar atau tidak,” katanya.

“Ketugasannya mulai dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Mudah-mudahan prosesnya berjalan dengan lancar,” katanya.”

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *