GWI Ucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2024

Reporter Syamsul Bahri 66 Views

 

TANGERANG,mediarcm.com-

Syamsul Bahri selaku ketua Gabungnya Wartawan Indonesia (GWI) DPD provinsi Banten berserta DPC Kota Tangerang DPC kabupaten Tangerang mengucapkan selamat memperingati hari lahir Pancasila yg ke 79 Tahun.2024

– Advertisement –

Syamsul menambahkan bahwa Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni.

” Peringatan ini diawali oleh pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai, di mana ia memperkenalkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia,” ucap Syamsul, Sabtu (1/6/2024).

- Advertisement -

Menurut Syamsul bahwa peringatan ini ditujukan untuk menghormati perjuangan para tokoh kemerdekaan dalam merancang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

” Sejarah lahirnya Pancasila berawal dari kekalahan Jepang pada Perang Pasifik, tahun 1945. Menyadari kekalahan sudah di depan mata, Jepang berusaha menarik simpati rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan dan membentuk sebuah lembaga guna mempersiapkan kemerdekaan Indonesia,” ujar Syamsul.

Dalam paparannya, Syamsul menjelaskan tentang sejarah lahirnya Pancasila bermula dari janji kemerdekaan yang diberikan oleh Perdana Menteri Jepang saat itu, Kuniaki Koiso kepada bangsa Indonesia pada 7 September 1944.

“Janji tersebut dilontarkan Jepang untuk mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dalam perang melawan tentara sekutu,” tuturnya.

Lanjut Syamsul bahwa setelah melalui proses panjang dan akhirnya Pancasila disyahkan.

” Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada sidang tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah,” urainya.

Syamsul berharap semoga dengan adanya peringatan hari lahir Pancasila seluruh warga negara Indonesia dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam butiran setiap lambang dan kalimat yang terkandung didalam tubuh Pancasila.(s.bahri)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *