Berikan Apresiasi Masyarakat Kreatif, Pemkot Gelar Lomba Krenova

Reporter Redaksi 303 Views

Pekalongan, MediaRCM.com – Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) berupaya mendorong masyarakat Kota Pekalongan untuk kreatif dan inovatif dengan harapan temuan tersebut dapat diterima industri maupun mampu membantu mengatasi masalah-masalah di tengah masyarakat.

Upaya tersebut, salah satunya dengan memberikan penghargaan melalui Gelaran Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) tingkat Kota Pekalongan dan Penjaringan Inovasi Masyarakat (Pindah) di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang rutin digelar setiap tahun. Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan Lomba Krenova Tahun 2024 digelar lebih awal pada Bulan Februari-Juni 2024.

Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Cayekti Widigdo menyampaikan bahwa, tujuan digelarnya Lomba Krenova Kota Pekalongan dan Pindah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 tersebut adalah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat kreatif dan inovatif Kota Pekalongan baik secara perorangan maupun kelompok. Adapun tema yang diusung dalam Lomba Krenova Kota Pekalongan Tahun 2024 adalah “Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat yang Berdaya Saing melalui Inovasi Teknologi”

– Advertisement –

Sementara untuk Lomba Lomba Penjaringan Inovasi Masyarakat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 mengusung tema “Pengembangan Inovasi Masyarakat untuk Mendukung Ekonomi Circular Berbasis Kemandirian Pangan dan Energi”. Kegiatan ini mencakup beberapa bidang yakni pertanian dan pangan, energi dan rekayasa teknologi manufaktur, kesehatan, pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi, dan industri kreatif.

“Untuk Lomba Krenova dan Lomba Penjaringan Inovasi Masyarakat ini setiap tahun kami gelar, tetapi ada sedikit perubahan-perubahan jadwal, dimana di Tahun 2024 ini dilaksanakan lebih awal yakni Februari sampai dengan Juni 2024, dimana di tahun-tahun lalu biasanya dilaksanakan pada Bulan Maret sampai dengan Juli,”terangnya usai kegiatan Sosialisasi Lomba Krenova tingkat Kota Pekalongan dan Lomba Pindah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024, berlangsung di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan, Jumat (2/2/2024).

- Advertisement -

Cayekti menjelaskan, melalui kegiatan lomba-lomba ini, pemerintah ingin memaksimalkan potensi dan peran dari kalangan muda dan masyarakat Kota Pekalongan khususnya pelajar sekolah/mahasiswa di semua jenjang satuan pendidikan. Pemenang lomba Krenova Tahun 2024 akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang pengembangan dengan total Rp14.250.000,-. Masing-masing kategori baik kategori umum dan pelajar diambil 3 pemenang terbaik.

Lebih lanjut Cayekti menambahkan, untuk pengumpulan karya Lomba Krenova Kota Pekalongan Tahun 2024 mulai 5 Februari-5 April 2024, dimana proposal hardcopy dikirim ke Kantor Bappeda Kota Pekalongan atau bisa melalui website inspirasi.pekalongankota.go.id (pilih menu Krenova). Sedangkan, usulan Lomba Penjaringan Inovasi Masyarakat Provinsi Jawa Tengah diajukan secara online melalui website pindah.jatengprov.go.id. Hasil karya peserta akan dinilai dari beberapa aspek, yaitu orisinalitas/keaslian karya, kepioniran, penerapan di masyarakat, kemanfaatan, dan keberlangsungan/komersialisas. Informasi lengkapnya bisa terus dipantau di akun media sosial instagram Bappeda Kota Pekalongan @bappeda.kotapekalongan.

“Hasil karyanya bisa berupa karya terapan dan kami berharap, hasilnya bisa siap untuk diproduksi massal. Di tahun-tahun sebelumnya Alhamdulillah untuk hasil karya Lomba Krenova dari masyarakat Kota Pekalongan bagus-bagus dan sudah ada yang kami ajukan ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Mudah-mudahan di Tahun 2024 ini hasil-hasil karya inovasi dan kreativitas masyarakat maupun pelajar Kota Pekalongan bisa semakin baik lagi,”pungkasnya. (Kominfo).

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *