Pemdes Wonotirto Gelar Bersih Desa Ruwatan Murwakala, Ritual Kuno Tahun 2024

Reporter Media RCM Blitar 57 Views

Blitar.Media.RCM.com – Pemerintahan Desa (Pemdes) Wonotirto Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar melangsungkan ritual kuno, ruwatan murwakala. Kegiatan yang mengandung tradisi kepercayaan adat Jawa dan tidak dapat dilaksanakan secara sembarangan itu, merupakan puncak dari acara bersih Desa Pemdes setempat, Jumat (24/5/2024)

Ruwatan murwakala sendiri, merupakan sebuah ritual yang menggunakan wayang kulit sebagai media penyampaiannya.

Kepala Desa Wonotirto Imam Mucharom menjelaskan, selain untuk mendoakan keselamatan masyarakat setempat khususnya, ritual wayang kulit tersebut juga sebagai upaya pelestarian kebudayaan Pulau Jawa. Dimana, wayang kulit ruwatan saat ini sudah sangat jarang dijumpai.

– Advertisement –

Yakni untuk menumbuhkan minat kepada generasi muda agar bisa mencintai kebudayaan warisan dari leluhur tersebut. Selain itu, juga sebagai media pengenalan dan dakwah yang dikemas dengan cerita pewayangan. Menurutnya, dengan wayang maka secara visual akan lebih bisa diserap, wejangan (nasehat) apa yang ingin disampaikan.

“Dibalut cerita secara audio visual, maka pesan kebaikan dan pitutur becik (kata-kata bijak) yang ingin disampaikan akan lebih bisa diserap,” kata Imam Mucharom.

- Advertisement -

Dengan kegiatan ini, lanjut Iman, kami selaku Pemdes juga berdoa agar setiap masyarakat diberikan kesehatan dan keselamatan. “Semoga masyarakat Wonotirto dijauhkan dari sesuatu yang olo (jelek) dan senantiasa selalu dilindungi oleh Allah,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan ritual ruwatan murwakala ini juga merupakan sebagian rangkaian bersih desa. Karena setelah ritual bersih Desa tersebut, bakal ada tontonan wayang kulit.

Imam Mucharom menjelaskan sebelum acara ruwatan dalam rangka bersih desa ada beberapa rangkaian kegiatan yaitu : Khotmil Qur’an pada hari kamis molai pukul 13.00 Wib sampai selsai di lanjutkan tahlil dan sedekah punden desa Wonotirto, dilanjutkan tahlil dan genduri bersih desa, jaranan kuda lumping dan wayang ruwatan murwakala.”ungkapnya Imam Mucharom Kepala Desa Wonotirto.

Hadir dalam acara tersebut Kepada Desa Wonotirto, perangkat Desa,BPD, BHABINKAMTIBMAS dan Bhabinkamtibmas , tokoh Agama, tokoh Masyarakat,Warga setempat.(Bas)

Ruwatan Murwakala di gelar pada hari Jumat (24/5/2024) siang sampai selsai.(Bas)

 

 

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *