Bupati Blitar Resmikan Palang Pintu Kereta Jaga Keselamatan Warga Yang Melintas

Reporter Media RCM Blitar 46 Views

Blitar | MediaRCM – Bupati Blitar Rini Syarifah meresmikan palang pintu sebidang JPL 207 yang berada di Desa Ngaglik Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Pemasangan palang pintu dan pos jaga dilakukan untuk menjaga keselamatan warga hingga meminimalisir angka kecelakaan di perlintasan sebidang.

“Alhamdulillah ini merupakan program kami, untuk menurunkan angka kecelakaan kereta di perlintasan sebidang. Menjaga keselamatan warga dan pengendara yang melewati perlintasan kereta api ini,” katanya kepada detikJatim di lokasi, Selasa (2/4/2024).

“Menurut Bupati yang akrab disapa Mak Rini itu, tingkat kecelakaan di perlintasan kereta api tanpa palang pintu cukup sering terjadi. Untuk itu, Pemkab Blitar berupaya untuk menekan angka kecelakaan tersebut dengan pemasangan palang pintu.

– Advertisement –

“Rini Syariah menyebutkan, Pemprov Jatim melalui Dishub (Dinas Perhubungan) Provinsi Jatim memberikan bantuan palang pintu di dua titik perlintasan sebidang di Kabupaten Blitar. Diantaranya yakni, perlintasan KA di Desa Ngaglik Kecamatan Srengat dan di Kelurahan Talun Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.

“Untuk hari ini ada dua palang pintu KA yang kami resmikan, bersama Dishub Provinsi Jatim. Tahun depan, kami juga akan mengajukan kembali untuk mengalokasikan 10 titik,” jelasnya.

- Advertisement -

Berdasarkan data Pemkab Blitar jumlah total perlintasan KA di wilayah Kabupaten Blitar mencapai 69 perlintasan. Terdiri dari 62 perlintasan sebidang dan 7 perlintasan tidak sebidang berupa underpass/flyover. Sementara jumlah perlintasan sebidang yang sudah dilengkapi palang pintu yakni 15 perlintasan KA.

Yang belum terpasang ada sekitar 34 perlintasan KA. Nah, ini tetap akan kami upayakan untuk bisa dipasang palang pintu,” imbuhnya.

Mak Rini mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan petugas jaga dan relawan untuk menjaga perlintasan KA sebidang. Nantinya para relawan akan membantu masyarakat melewati KA sebidang tanpa palang pintu, termasuk saat lebaran.

“Kami siapkan juga tenaga relawan tambahan untuk membantu warga sekitar, yang berdekatan dengan perlintasan KA. Sehingga nanti terbantu, termasuk saat lebaran agar aman,” Tambahnya.(Bas)

(Basuki)

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *