BUPATI MALANG PIMPIN UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

Reporter Media RCM JATIM 99 Views

Jawa Timur,Media RCM- Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M., pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jl. KH.Agus Salim Kota Malang, Kamis (1/6) Pagi. Turut hadir pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH., MH, jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, jajaran Pejabat Tinggi Pratama, dan Administrator Kabupaten Malang, Ketua I TP PKK Kabupaten Malang juga Ketua DWP Kabupaten Malang.

Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun ini mengambil tema “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”.

Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

– Advertisement –

Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang. Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

“Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak, dan berelasi setiap individu manusia Indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusian dan solidaritas bangsa kita”, pungkas Presiden Joko Widodo.

- Advertisement -

Upacara Hari Lahir Pancasila dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang Sea Games yakni Defiana Tharisa Ananda atlet renang mendapatkan medali emas dan perak, Dimas Putra atletik lari mendapatkan medali emas, Sevia Ramadhani atletik tolak pluru mendapatkan medali perak serta Muhammad Habibie Yudha Pratama atlet renang mendapatkan medali perak. Masing-masing mendapat piagam penghargaan serta uang pembinaan Rp. 5 juta untuk peraih medali emas dan Rp. 3 juta untuk peraih medali perak.

Selanjutnya penyerahan simbolis tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya yang diberikan kepada Drs. Nandang Djumantara Camat Tumpang dan Wahyu Kurniati, S. S., M. Si., Asisten Administrasi Umum Sekda, yang telah berbakti selama 30 tahun, Aprija Wirawan, S. Sos. M. AP., dan Tetuko Luhur Setyo Bathoro, S. STP. M. AP., yang telah berbakti selama 20 tahun; serta Mohammad Riadi, SH., dan Agustinah Nurdyansyah, SH., yang telah berbakti selama 10 tahun. (Prokopim/Day/joko

Bagikan Berita Ini
Tinggalkan Ulasan

Tinggalkan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *